Alpukat LAMB HASS Fakta dan Karakteristiknya












Alpukat Lamb Hass adalah persilangan antara alpukat Hass dan Gwen. Ditemukan oleh Bob Lamb Ranch in Camarillo Amerika Serikat.

Buahnya berukuran lebih besar dan lebih matang daripada Hass. Lamb Hass semakin populer sebagai varietas komersial d karena rasanya yang luar biasa dan kualitas yang mudah dikupas. Lamb Hass memiliki kebiasaan yang tegak dan kompak.

Kalau melihat dari sisi keluarga Alpukat, maka Lamb Hass merupakan keluarga Guatemala dengan tipe bunga A dengan rasa yang enak dan buah yang lebih besar dari Hass pada umumnya.

Pada saat muda, buahnya berbentuk lonjong dengan warna hijau segar, kemudian berubah menjadi hijau gelap saat usia bertambah.

Sebagaimana keluarga Hass, Lamb Hass memiliki kulit yang keras dengan tekstur khas Hass dengan bentuk lonjong dengan ukuran yang lebih besar. Jadi bisa dikatakan, kalau ingin alpukat lebih besar dari Hass dengan bentuk yang mirip, maka Lamb Hass adalah pilihannya.

Sebagamana alpukat keluarga Hass, maka Lamb Hass untuk daerah tropis, bisa dikebunkan untuk dataran tinggi dengan ketinggian diatas 700 MDPL.

Lamb Hass memiliki persamaan dengan Hass sebagai berikut :
1. Kulit tebal bertekstur
2. Cocok untuk dataran tinggi
3. Buah relatif kecil dibanding dengan alpukat lokal
4. Bentuk lonjong










Adapun perbedaan Lamb Hass dengan Hass adalah sebagai berikut :
1. Ukuran Lamb Hass lebih besar
2. Pohon Lamb Hass relatife lebih kecil
3. Kerapatan tanam jauh lebih tinggi

Kalau melihat dari karakteristik secara umum, maka LAMN Hass adalah bentuk Hass dengan ukuran yang jauh lebih besar. Hal ini cocok untuk konsumen di Indonesia yang menyukai alpukat dengan ukuran yang besar.


Mrajak
www.mrajak.com
Buah Bibit Unggul