Alpukat GEM HASS yang Menjanjikan


















Para pecinta Alpukat tiada henti melahirkan varietas baru. Salah satu varietas yang relatif baru adalah alpukat Gem Hass.

Sebagaimana namanya, Gem Hass adalah jenis alpukat dari keluarga Hass yang tentu memiliki perbedaan dan persamaan dengan jenis Hass.

Alpukat jenis Hass, adalah alpukat dari keluarga Guatemala/Mexico, dimana berkembang dengan baik didaerah sub-tropis. Awalnya alpukat jenis GEM Hass ini merupakan hasil riset dari para peneliti alpukat di California Amerika. Bagaimana jika alpukat introduksi ini dikembangkan di Indonesia ?

Beberapa pekebun berbagi informasi, bahwa alpukat keluarga Guatemala atau Mexico cocok dikembangkan didataran tinggi diatas 700 meter. Kondisi ini cocok untuk daerah Bandung dan sekitarnya.












Kembali ke alpukat GEM Hass, alpukat ini memiliki karakteristik sebagai berikut :

1. Bentuk bulat sedikit lonjong
2. Ukuran buah 240 - 330 gram/buah
3. Berkulit tebal
4. Rasa creamy
5. Warna alpukat kuning
6. Kulit saat masak kehitaman


















Perbedaan GEM Hass dengan alpukat Hass adalah sebagai berikut :
1. Bentuk lebih bulat
2. Kematangan lebih cepat
3. Pohon lebih kompak dan tegak
4. Lebih toleran terhadap hama
5. Musim tanam lebih fleksibel

Melihat beberapa keunggulan tersebut, beberapa petani menjadikan alpukat GEM Hass sebagai komplementer dari alpukat Hass.

Untuk kondisi alam di Indonesia, maka alpukat GEM Hass, dapat dikebunkan diketinggian diatas 700 mdpl untuk mendapatkan kualitas yang baik. Alpukat jenis ini, secara ukuran memang kecil, namun dari segi rasa dan ketahanan terhadap sengatan lalat buah yang rendah menjadi salah satu komoditas yang layak dikebunkan.

Apalagi untuk area dataran tinggi yang selama ini masih sangat sedikit varietas lokal yang mampu tumbuh dengan baik. Alpukat GEM Hass bisa menjadi salah satu buah yang layak dikebunkan dengan nilai ekonomi yang tinggi.


Mrajak
www.mrajak.com
Bibit Buah Berkualitas