Alpukat Dataran Tinggi Jenis Apa Saja









Indonesia memiliki kontur alam yang sangat variatif. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki wilayah yang langsung berhadapan dengan bibir pantai dengan ketinggian 0 MDPL. Disatu sisi Indonesia, sebagai wilayang cincin api (Ring of Fire) memiliki beberapa gunung berapi yang menjulang tinggi.

Artinya, bahwa tanah negeri ini memiliki ketinggian dari dataran rendah, sedang dan tinggi. Umumnya dataran rendah adalah dataran dengan ketinggian mulai dari 0 - 300 MDPL, sedang 300-700 MDPL dan tinggi diatas 700 MDPL.

Menurut Junghun, ahli biologi Belanda, setiap ketinggian tanah memili karakteristik dan suhu yang berbeda, sehingga ada tanaman yang secara khusus cocok dengan ketinggian tertentu.

Bicara alpukat, sebagai komoditas buah yang hari ini sedang naik daun, maka faktor ketinggian ini juga memberikan alternatif jenis alpukat yang cocok untuk ketinggian tertentu. Hari ini, setidaknya lebih dari 100 jenis varian alpukat yang berkembang di Indonesia.

Adapun karakteristik alpukat dataran tinggi biasanya sebagai berikut :
1. Bentuk lebih kecil
2. Kulit lebih tebal
3. Kulit bertekstur
4. Lebih awet usia buahnya
5. Umumnya alpukat keluarga Guatemala/Mexico

Sedangkan ciri-ciri alpuat dataran menengah kebawah adalah :
1. Bentuk lebih besar
2. Kulit tipis
3. Kulit halus glowing
4. Usia buah kurang awet
5. Umumnya dari keluarga West India


Berikut ini, hasil riset dan informasi yang dikumpulkan Mrajak, jenis alpukat yang cocok dikembangkan didataran tinggi dengan ketinggian 700 MDPL.


Alpukat jenis lokal :
1. Pluwang
2. Pameling
3. Wina

Alpukat jenis Introduksi :
1. Hass
2. Gem Hass
3. Lamb Hass
4. Pinkerton
5. Reed
6. Malama
7. Fujikawa
8. Booth7
9. TA21
10. Cuba

Jenis diatas akan terus berkembang, salah satunya karena dipicu oleh pemanasan global, dimana suhu didataran tinggi hari ini semakin panas.

Berbekal dengan tabel diatas, akan sangat membantu Anda, jenis yang paling cocok untuk Anda berdayakan. Kabar baiknya, jika Anda hari ini tinggal didataran tinggi, maka jenis alpukat dengan harga premium bisa Anda kebunkan dan tentunya untuk dararan tinggi, relatif tidak kenal musim alpukat.


Mrajak
www.mrajak.com
Bibit Buah Unggul