Peluang Bisnis Buah Surga








Satu diantara buah yang disebut dalam al Quran adalah pisang, selain dari kurma, anggur, delima, zaitun dan tin.

Kalau ditelisik lebih dalam, buah-buah yang disebut dalam al Quran, memiliki keunggulan, salah satunya adalah berkasiat dan berkorelasi langsung dengan kesehatan.

Saat ini mulai banyak dikembangkan buah-buah tersebut dinegara tropis. Bahkan kurma, yang dulu dianggap tak mungkin dibudidayakan di daerah tropis, ternyata bisa tumbuh dengan baik di Thailand. Kalau anggur, delima, tin dan zaitun sudah banyak dikembangan lebih dahulu.

***

Kalau pisang, tak ayal lagi sangat cocok didaerah tropis, bahkan dalam sekala industri. Katakanlah pisang yang mendunia saat ini, pisang cavendish yang ditemukan oleh pengelana Inggris. Saat ini menjadi industri besar di Amerika Latin, seperti Peru, Chile dam sekitarnya.

Di Asia yang cukup berkembang baik seperti Philiphina yang menjadi pemasok cavendisk asia pasific.

Bagaimana dengan Indonesia. Sepertinya dalam dunia perpisangan ini masih ketinggalan dibanding India, Pakistan, Vietnam apalagi Philiphina. Di Afrika tengah pun pisang hari ini dikembangkang sangat pesat.

Hari ini, pisang sudah menjadi perniagaan global, coba lihat di Makkah, Madinah atau Yerusalem. Pisang jenis cavendish ini bertebaran di kawasan Timur Tengah.

Mengenai varietas pisang, Imdonesia tak kalah banyaknya, bahkan mungkin varietas terbanyak di dunia ada dinegeri ini. Sebut saja mulai dari pisang tanduk, ambon, raja bulu, raja sere, kepok, emas sampai pisang yang rasanya bukan manis, malah gurih seperti pisang garoho yang berkembang di Manado.

Dari sekian jenis pisang itu, setidaknya menurut ahli perpisangan, ada tiga pisang lokal bernilai ekonomi tinggi dikembangkan. Raja bulu, barangan dan emas kirana.

***

Hari ini saya coba memanen pisang kepok.l kuning. Maunya menunggu ramadhan biar bisa dikolak. Tapi apa daya harus berebut sama kawanan manuk.

Akhirnya saya panen, sudah suluh, beberapa dimakan manuk.

Saya ceceki persisir sambil ngebayangin, mungkinkah tandan-tandan buah surga ini berkembang jadi industri negeri ini yang mendunia...