Peluang Bisnis Media Tanam, Pupuk, Hidroponik & Tanaman Hias Naik Selama Pandemi

 






Sudah sering kita dengar, bahwa pandemi covid yang terjadi meluluh lantakkan banyak bisnis yang selama ini bisa bertahan puluhan tahun. Namun, diantara bisnis yang mengalami penurunan, rupanya ada bisnis yang lagi naik daun.

Setidaknya itu ditunjukan dalam hasil trend pencarian di serach engine. Apa saja bisnis yang naik pada waktu pandemi, khususnya terkait dengan agro bisnis. Grafik diatas menjelaskan cukup detail tentang kebutuhan masyarakat selama pandami.

Menarik untuk kita cermati, rupanya pandemi telah membuat orang berubah kebiasaanya, yang mana selama ini bisa pergi kemana saja, kini terkurung dirumah saja.

Keterbatasan mobilitas tersebut rupanya berdampak pada perubahan kebutuhan dan keinginan. Produk dan layanan yang terkait dengan aktifitas dirumah naik pesat. Bekerja dirumah, dalam waktu yang tidak terlalu lama mungkin mengasikkan, namun tatkala harus berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun akan menyebabkan depresi dan kejenuhan akut.

Untuk mengatasi kejenuhan, rupanya para pekerja dari rumah butuh solusi dan ternyata solusi itu salah satunya adalah meningkatnya agrobisnis. Nah, apa saja aktifitas agrobisnis yang meningkat :

1. Tanaman Hias

Kejenuhan dirumah membuat orang mencari pelarian untuk memperindah suasanya rumah, salah satunya dengan menanam tanaman hias. Terlihat dari data pencarian, kata tanaman hias menjadi meningkat pesat selama masa pandemi.

Tentu ini menjadi bisnis yang sangat menarik semasa pandemi ini, orang mencari tanaman untuk kompensasi terpapar sinar biru akibat banyaknya aktifitas melalui online.


2. Hidroponik

Hidroponik juga salah satu kata yang dicari didunia online. Mengapa ini terjadi, salah satunya karena orang membutuhkan aktifitas gerak. Sangat tersiksa jika duduk didepan komputer sepanjang hari, orang butuh aktifitas gerak yang bisa mengkompensasi magernya.

Salah satu aktifitas yang paling banyak dicari adalah hidroponik. Hidroponik dipilih karena masyarakat perkotaan tidak memiliki banyak lahan, sehingga urban farming menjadi pilihan warga kota untuk beraktifitas.


3. Media Tanam

Meningkatnya kegiatan bertanam, maka berakibat tingkat kebutuhan akan media tanam meningkat, apalagi untuk masyaraat kota yang banyak berkebun dengan cara tabulampot. Inilah yang menyebabkan media tanam salah satu komoditas yang melonjak selama pandemi.


4. Pupuk Organik

Jika orang bercocok tanam, maka selain media tanam maka butuh pupuk organik. Pupuk organik ini bisa berupa kompos, pupuk kandang, humus bambu, humus pinus dan cocopeat.

Meningkatnya aktifitas bercocok tanam, berdampak pada peningkatan kebutuhan pupuk organik meningkat, apalagi masyarakat kota yang semakin sadar akan kesehatan, sehingga mereka lebih cenderung menggunakan pupuk organik daripada pupuk kimia.


Mrajak
Sahabat Petani Kota