Cara Membuat Nilai Tambah Hasil Bumi Rempah

 

Negeri ini diberikan anugerah yang luar biasa, ada didaerah katulistiwa, kepulauan dengan dua musim yang sangat potensial.

Hasil bumipun juga luar biasa, mulai dari sayur mayur sampai rempah-rempah yang menghipnotis dunia untuk menjajah negeri ini.

Nah, bagaimana caranya agar hasil bumi, khususnya rempah ini memberikan hasil maksimal bagi kesejahteraan petani. Jamak kita ketahui, bahwa sampai hari ini negeri yang subur ini, malah mulai kedatangan produk impor, baik manufaktur sampai buah dan sayur mayur.

Salah satu penyebab kenapa kita impor, salah satunya semakin sedikitnya petani karena petani tidak mendapatkan pendapatan yang layak dari hasil taninya karena sistem dan lainnya.

Setidaknya ada dua jalan mensolusi masalah ini, pertama adalah membuat nilai tambah dan kedua adalah memanfaat teknologi digital agar proses distribusi menjadi semakin murah.

Baik, kita bahas lebih rinci.


Value Added

Kita bahas masalah nilai tambah. Bagaimana meningkatkan nilai tambah hasil bumi rempah. Jika selama ini ummnya hasil rempah dikirim ke pasar dalam bentuk segar dan kemudian diolah oleh pabrik. Umumnya hasil tani ini dihargao murah oleh tengkulak yang biasanya menjerat petani, baik melalui sistem hutang dan lainnya.

Nilai tambah ini bisa dilakukan dengan mengolah hasil rempah misalnya dalam bentuk pengeringan sehingga hasil bumi lebih awet. Cara lain melalui produksi minyak atsiri yang kebutuhan saat ini sangat besar dengan harga sangat menggiurkan.


Digital Tekno

Cara kedua adalah menggunakan teknologi digital untuk membantu pemasaran dan proses distribusi. Jika jalur distribusi ini biasanya petani masuk tengkulak, berikutnya masuk pengepul dan dilanjut masuk pasar induk. Dari pasar induk kemudian masuk ke pedagang pengecer dan keliling baru masuk ke konsumen.

Jalurnya begitu panjang. Maka jika menggunakan teknologi digital, panjangnya proses distribusi itu bisa dipangkas, sehingga harga dari tingkat petani bisa meningkat disatu sisi harga di konsumen juga semakin bersain.

Keuntungan itu didapat dari pemangkasan jalur distribusi konvensional yang sangat panjang tersebut. Dengan semakin efisien jalur distribusi, maka akan menguntungkan keduabelah pihak.

Demikian, dua inovasi sederhana yang bisa dilakukan untuk memperbaiki nasib petani kita.


Semriwing
Sentra Rempah