Komoditas Tanaman Rempah Obat di Jawa Barat

 












Siapa sangka Jawa Barat adalah sentra kapulaga. Kapulaga merupakan rempah multi guna yang harganya sangat menjanjikan.

Jika Anda seorang pengusaha di Jawa Barat, maka kapulaga bisa dijadikan salah satu komoditas unggulan untuk dipasarkan, baik di pasar dalam negeri maupun luar negeri.

Kapulaga di Jawa Barat tersebar, umumnya ada didaerah Jawa Barat bagian selatan, mulai dari Pangandaran sampai Ujung Kulon sangat berpotensi dikembangkan.

Kontur Jawa Barat bagian selatan yang bergunung dengan ketinggian yang variatif rupanya sangat cocok untuk budidaya kapulaga, maka inilah yang menjadikan Jawa Barat sebagai surganya penghasil kapulaga.

Komoditas berikutnya adalah jahe. Jahe merupakan rimpang paling dicari dipasar untuk kebutuhan bumbu dan obat. Ternyata Jawa Barat tanahnya sangat cocok untuk pengembangan jahe.

Urutan ketiga ditempati oleh kunyit. Kunyit secara nasional menempati posisi kedua setelah jahe sebagai rimpang yang paling banyak dicari. Ternyata Jawa Barat juga merupakan penghasil kunyit yang sangat bagus.

Yang mengherangkan, diurutan keempat ditempati mangkudu. Saya belum banyak tahu, apakah mangkudu ini potensial untuk dikembangkan secara bisnis sekala industri.

Demikian data terkait komoditas tanaman obat yang layak anda bidik sebagai sebuah peluang yang dapat dikembangkan.


Semriwing
Rempah Nusantara