Lengkuas Yang Paling Banyak Dicari Konsumen

 






Lengkuas biasanya digunakan untuk bumbu dan obat-obatan. Ada dua jenis lengkuas yang populer dipasar, yaitu lengkuas merah dan lengkuas putih.

Lengkuas putih ini ditandai dengan daging rimpangnya berwarna putih, tinggi tanaman dapat mencapai 3 meter. Jenis ini lebih banyak digunakan sebagai bumbu dapur sehari-hari.

Jenis kedua adalah lengkuas merah dengan ciri daging rimpangnya berwarna merah. Tinggi tanamannya lebih kecil, pada umumnya hanya sekitar 1-1,5 meter saja. Lengkuas merah sering dijadikan sebagai obat sejak jaman dahulu. Hal tersebut dikarenakan pada rimpangnya mengandung saponin, tanin, flavonoida dan minyak atsiri, sedangkan pada batangnya mengandung saponin, tanin dan flavonoida.

Nah, jika Anda ingin budidaya lengkuas, ada baiknya Anda menyimak hasil riset, kira-kira lengkuas mana yang paling banyak dibutuhkan oleh pasar.

Berikut ini analisanya.


1. Lengkuas Merah

Dari data pencarian, maka lengkuas merah menjadi jenis lengkuas yang paling banyak dicari. Pencarian lengkuas merah adalah dua kali lipat dibandiing dengan lengkuas putih.

Ini artinya lengkuas merah mendominasi pasar lengkuas ditingkat pencarian. Dari info ini, maka menanam lengkuas merah berpotensi besar hasilnya dapat diserap oleh pasar dengan baik.


2. Lengkuas Putih
Berikutnya adalah lengkuas putih, dimana lengkuas jenis ini menempati posisi pencarian kedua. Kenapa pencarian lengkuas putih lebih rendah, bisa jadi karena lengkuas putih hanya memiliki fungsi dominan sebagai bumbu masak, sedangkan lengkuas merah selain untuk bumbu juga untuk bahan obat-obatan.

Demikian analisa terkait budidaya lengkuas berbasiskan pada pasar yang ada selama lima tahun terakhir.


Semriwing
Sentra Rempah Kering