Jenis Kunyit Yang Paling Banyak Dicari Pasar

 






Setidaknya ada 4 jenis kunyit yang banyak dibudidayakan petani rempah Indonesia. Empat jenis tersebut diantaranya kunyit putih, kunyit kuning, kunyit hitam dan kunyit merah.

Nah, jika Anda ingin budidaya kunyit, pilih kunyit mana yang paling banyak diburu pasar dari keempat jenis varietas diatas.

Hasil riset pencarian ini bisa Anda jadikan rujukan agar tidak salah pilih pasar.


1. Kunyit Putih
Walaupun warna kunyit yang dikenal adalah warna kuning, ternyata kunyit warna putih paling banyak dicari dipasar.

Hal ini cukup mengejutkan, karena kuning adalah identik dengan warna kunyit, tetapi tingkat kebutuhan kunyit warna putih ini cukup besar dan dominan. Mirip dengan posisi jahe merah yang dominan diantara jenis jahe lainnya.


2. Kunyit Kuning
Posisi kedua ditempati oleh kunyit kuning, yang selama ini kita kenal sebagai bumbu rempah dapur yang biasa kita gunakan.

Permintaan kunyi kuning cukup stabil diposisi kedua selama 5 tahun terakhir ini, artinya posisi kunyit kuning sangat dibutuhkan pasar.


3. Kunyit Hitam
Berikutnya posisi ketiga ditempati kunyit hitam. Pencarian kunyit hitam juga relatif stabil dipasar selama 5 tahun ini dan tidak mengalami lonjakan yang signifikan.


4. Kunyit Merah
Posisi terkahir ditempati kunyit merah. Permintaanya stabil sepanjang tahun dengan komposisi permintaan pasar yang setara dengan kunyit hitam.


Dari melihat potensi pasar kunyi di Indonesia, maka memilih kunyit putih dan kuning dari sisi pasar sangat besar dan stabil. Bisa dijadikan acuan untuk budidaya berdasarkan pada kebutuhan pasar.


Semriwing
Sentra Rempah Kering