Jenis Jahe Yang Paling Banyak Dibutuhkan Orang

 


Jika anda ingin budidaya jahe, maka perlu melihat kebutuhan jahe dipasar. Setidaknya ada 3 jenis jahe yang populer dikonsumsi oleh masyarakat. Tiga jenis jahe tersebut adalah jahe merah, jahe gajah dan jahe emprit.

Nah, mari kita kupas tingkat kebutuhan jahe berdaarkan hasil pencarian di internet, seperti apa tingkat persaingan ketiga jahe ini.

1. Jahe Merah
Kebutuhan akan jahe merah mendominasi pencarian di internet. Jahe merah mengalami lonjakan besar pada saat pandemi datang di tahun 2020 dan masuh bertahan sampai sekarang.

Kalau melihat kebutuhan jahe merah relatif stabil kebutuhannya dibanding jahe gajah dan jahe emprit. Selalu memimpin pasar selama ini. Dengan melihat stabilitas permintaan, artinya jahe merah adalah jenis jahe yang paling banyak diburu konsumen.

2. Jahe Gajah
Jahe gajah menduduki posisi kedua dalam pencarian, namun porsinya masih kalah jauh dibandingkan dengan jahe merah. Kebutuhannya juga stabil sepanjang tahun, bisa dikatakan tidak naik dan tidak turun.

Artinya, jahe gajah tetap dibutuhkan, namun tingkat kebutuhan pasar relatif kecil sepanjang tahun.

3. Jahe Emprit
Jahe emprit adalah jahe yang bentuknya kecil namun memiliki tingkat kepedasan yang tinggi. Jahe emprit menempati posisi ketiga dengan tingkat kebutuhan yang stabil sepanjang tahun dan volume kebutuhan pasar hampir sama dengan jahe gajah.

Dari data ini, mulai dari volume kebutuhan pasar dan stabilitas, maka budidaya jahe merah sangat menjanjikan mengingat kebutuhan pasar yang sangat tinggi.


Semiriwing
Sentra Rempah Kering