Komoditas Rempah Rimpang Yang Paling Banyak Dicari

Ada banyak pertanyaan bagi petani empon-empon atau rimpang, rempah rimpang jenis apa yang paling dibutuhkan oleh pasar hari ini.

Mengetahui kebutuhan pasar memang cara ternaik bagi seorang petani rimpang agar produk yang dihasilkan benar-benar dibutuhkan oleh pasar. Tanpa mengetahui kebutuhan pasar, maka bisa jadi saat panen raya harga jatuh kedasar, karena pasar mengalami kejenuhan produk.

Saya mencoba meriset sederhana, sebenarnya rempah rimpang apa saja yang dibutuhkan berdasarkan pencarian di google. Hasil analisanya adalah sebagai berikut :









Secara sekilas terlihat lonjakan besar sejak memasuki tahun 2020 lalu, artinya bahwa sejak adanya corona, maka permintaan hampir semua produk rempah rimpang mengalami lonjakan yang sangat besar.

Berikutnya lonjakan terus bertahan sampai data ini diambil pada Pebruari 2022 dan sepertinya selama ada Corona maka kebutuhan rempah rimpang akan tetap bertahan.

Berikut urutan berdasarkan data pencarian :

1. Jahe
Jahe stabil menjadi rempah yang banyak dicari sepanjang lima tahun terakhir, sepertinya jahe adalah rempah paling stabil dengan posisi teratas dan stabil permintaannya.

2. Kunyit
Kunyit adalah empon kedua yang paling banyak dicari, bersaing dengan jahe sebagai rempah utama. Posisi kebutuhan kunyit bersifat stabil sepanjang tahun seperti halnya jahe.

3. Temulawak
Temulawak menempati posisi ketiga dari tingkat kebutuhan empon-empon. Namun dalam lima tahun terkahir permintaan akan temulawak mengalami penurunan melandai walaupun menempati posisi ketiga.

4. Kencur
Permintaan berikutnya adalah kencur. Dari analisa kencur juga melandai walaupun tetap diposisi ke empat. Selain itu, kencur juga tidak melonjak tajam saat adanya panemi, artinya kencur dipandang sebagai rempah yang tidak berkorelasi dengan pandemi.

5. Lengkuas
Urutan ke lima ditempati oleh lengkuas. Lengkuas stabil posisinya diurutan kelima dan tidak juga mengalami lonjakan selama masa pandemi.

Demikian 5 hasil bumi rempah empon berdasarkan data google yang dapat Anda jadikan acuan untuk budidaya empon berdasarkan tinggi rendahnya kebutuhan empon dipasar online.


Semriwing
Sentra Rempah Kering