Cara Pengolahan Hasil Tani Rempah Bernilai Tinggi

 









Hari ini banyak petani menjual hasil taninya berupa produk segar dari lahan. Tidak ada yang salah. Namun jika kita ingin menaikkan nilai hasil tani, bisa dilakukan beberapa langkah berikut.

Kenapa petani menjual hasil rempah segar, alasan utamanya adalah biar segera mendapatkan uang. Berikutnya biar adalah karena jika terlalu lama disimpan, kualitas produk hasil tani akan menurun.

Karena ketergesaan tersebut, maka hasil tani tidak mendapatkan harga maksimal, karena petani dalam kondisi terdesak kebutuhan. Dengan adanya ketergesaan tersebut, tengkulak dan pembeli dapat mendikte harga pasaran.

Bagaimana agar keluar dari lingkaran masalah ini. Salah satunya adalah memberikan nilai tambah pada hasil bumi tersebut.

Setidaknya ada dua teknik pengolahan yang dapat dilakukan dengan modal yang tidak begitu besar. Pertama adalah memproduksi rempah kering dan kedua memproduksi minyak atsiri.


Rempah Kering

Untuk membuat rempah kering tak begitu banyak modal yang dibutuhkan. Bisa dengan teknik yang sangat sederhana, hasil rempah dicuci bersih, diiris dilanjutkan dengan pengeringa melalui sinar matahari dan jika kandungan air sudah menurun sesuai dengan kebutuhan, baru dilakukan penyimpanan.

Jika ingin teknik lebih canggih yang tidak tergantung matahari, maka bisa melakukan investasi mesin pengering yang bisa digunakan saat musim penghujan.

Proses pengeringan bisa dilanjutkan dengan proses pembuatan pembubukan. Ada banyak konsumen yang menginginkan rempah dalam bentuk bubuk.

Kalau dilihat dari permintaan ekspor, maka kebanyakan proses ekspor dilakukan dalam bentuk kering atau simplisia. Maka proses pengeringan ini bisa jadi membuat produk yang awalnya hanya untuk kebutuhan lokal, naik kelas untuk dapat diekspor.


Minyak Atsiri

Selain pengeringan, proses lainnya bisa dilakukan dengan produksi minyak atsiri. Produksi minyak atsiri bisa dilakukan dengan caran yang sederhana, dan kemudian bertahap mengembangkan mesin produksi atsiri lebih besar volumenya sesuai dengan pasar.

Minyak atsiri dari data statistik, sangat dibutuhkan oleh pasar internasional, dan peluangnya masih sangat besar.

Pengolahan atsiri ini masih belum banyak dilirik secara serius, padahal potensinya sangat besar.

Demikian, setidaknya dua solusi memberikan nilai tambah pada hasil rempah dari sisi pengolahan. Peluang bisnis rempah melalui rempah kering dan atsiri ini sangat menjajikan kedepan. Tinggal menunggu Anda terjun didalamnya.


Semriwing
Sentra Rempah