Manfaat Humus Daun Bambu Bagi Tanaman

 










Banyak orang yang belum mengetahui, bahwa humus daun bambu memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesuburan tanah. Nah, jika anda adalah pehobis tanaman, baik tanaman hias, tabulampot atau perkebunan, maka simak dulu manfaat humus bambu bagi kesuburan tanah.

Humus bambu bisa didapat dari rerimbunan bambu yang tersebar luar dinegeri ini. Dengan mengunpulkan humus bambu dibawah pohon bambu, bisa langsung diaplikasikan pada tanaman Anda. Namun, lebih baik jika daun bambu tadi telah menjadi humus bambu, atau telah lama dan mulai terurai menjadi kompos bambu.

Berikut ini manfaat humus bambu sebagai media penyubur aneka tanaman.

1. Memperbaiki Struktur Tanah
Humus bambu mengandung senyawa Phospor (P) dan Kalium (K), dua unsur ini sangat dibutuhkan tanaman sebagai nutrisi pertumbuhan. Oleh karena itu, humus bambu bisa menjadi pengganti unsur P & K organik yang tidak memberikan efek samping bagi tumbuhan. Dengan humus bambu, maka secara tidak langsung kita memperbaiki struktur tanah.

2. Mengandung Mikro Organisme Pengurai
Humus bambu bambu mengandaung bio decomposer yaitu mikroorganisme yang mampu mengurai tanah sehingga meningkatkan kesuburan secara alami. Salah satu organisme pada humus bambu adalah jamur pusarin yang mampu mengurai bahan-bahan organik menjadi lebih cepat.


3. Pembentuk Zat Anti Bakteri
Humus bambu mengandung zat anti bakteri, sehingga mengurangi proses pertumbuhan jamur parasit dan mikroorganisma yang menyebabkan pembusukan pada akar dan batang yang mengakibatkan tanaman mengalami kematian akibat pembusukan.

4. Membantu Fermentasi
Humus bambu juga mengandung jamur fermentasi (Aspergillus SP) yang membantu mengurai pupuk organik lain seperti pupuk kandang menjadi lebih cepat bisa dikonsumsi oleh akar tanaman. Proses fermentasi ini bisa berjalan lebih cepat dengan cara organik tanpa efek samping.

5. Membantu Sitem Aerasi Tanah
Manfaat lainnya dari humus bambu adalah membantu aerasi atau sirkulasi udara dalam tanah, sehingga membantu pertumbuhan perakaran menjadi lebih baik. Humus bambu membantu kontur tanah berongga sehingga memudahkan udara masuk kedalam tanah.


Dengan kelebihannya diatas maka dalam aplikasinya humus bambu dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesuburan tanah tanpa efek samping dengan aplikasi sebagai berikut :

1. Bisa dijadikan alternatif pupuk organik yang ramah lingkungan
2. Dapat dijadikan mulsa
3. Membantu percepatan fermentasi

Aplikasinya bisa langsung dicampur dengan tanah atau media tanam atau dicampur dengan pupuk kandang dan dilanjutkan sebagai proses pemupukan tanaman.

Demikian, semoga bermanfaat bagi para pecinta tanaman>


MRAJAK
Urban Farmer Partner
Pesan : 085871285543
www.mrajak.com