7 Alpukat Lokal Juara untuk Dataran Tinggi















Memilih varietas alpukat sangat penting agar tidak gagal dalam investasi perkebunan. Salah satu parameter penting memilih jenis alpukat adalah memilih varietas berdasarkan ketinggian tanah dari atas permukaan laut.

Berikutnya, setelah memilih varietas berdasarkan MDPL, dilanjutkan berdasarkan keunggulan alpukat tersebut, bisa dari sisi rasa, bentuk dan daya tahan dalam penyimpaban.

Dari analisa berdasarkan asal usul bibit unggulan alpukat lokal, baik yang telah memenangi juara maupun rekomendasi berdasarkan daerah asal usul, maka berikut ini alpukat yang cocok dikembangkan untuk area dataran tinggi. Penilain ini berbasis pada asal usul MDPL alpukat lokal tersebut, dimana masuk dalam kategori dataran tinggi jika melebihi 700 MDPL.

1. Alpukat Wina
Alpukat Wina berasal dari Jetis, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Kalau melihat asal usul alpukat unggulan ini berada pada ketinggian sekitar 950 MDPL. Artinya berdasarkan asal pohon indukan, maka alpukat jenis Wina sudah teruji di dataran tinggi.

2. Alpukat Pluwang
Alpukat jenis ini berasal dari desa Kalibening, Jambu, Ambarawa. Melihat data asal pohon induk di Kalibening dengan ketinggian sekitar 800 MDPL, maka jenis ini layak dikebunkan didataran tinggi.

3. Alpukat Pameling
Alpukat unggulan lainnya adalah Pameling. Alpukat ini dikembangkan indukannya di lereng gunung Arjuno, tepatnya didesa Wonorejo, Lawang, Jawa Timur. Jika kita melihat ketinggian, maka alpukat Pameling hidup baik diketinggian sekitar 800 MDPL

4. Alpukat Rifai
Alpukat berikutnya adalah alpukat Rifai. Pohon induk ditemukan di desa Bedono, Boja, Kendal. Jika melihat ketinggian desa Bedono, maka alpukat ini mampu beradaptasi dengan baik diketinggian 750 MDPL. Oleh karena ini layak dikebunkan di dataran tinggi.

5. Alpukat Bullfrog
Alpukat ini berasal dari desa Gonoharjo, Kendal. Merupakan salah satu alpukat lokal unggulan yang layak dikebunkan. Jika melihat ketinggian Gonoharjo dengan ketinggian 700 MDPL, maka alpukat Bullfrog cocok dikembangkan didataran tinggi.

6. Alpukat Kendil
Alpukat ini merupakan penyilangan alpukat pati dan semarang. Dari pengalaman pekebun di lereng gunung Lawu, Ngawi dengan ketinggian 1.000 MDPL, maka alpukat Kendil layak dikebunkan didataran tinggi.

7. Temuan Varietas Baru
Untuk nomor tujuh sengaja kami kosongkon, untuk proses pencarian terus menerus terhadap alpukat unggul dataran tinggi lainnya.


Mrajak
www.mrajak.com
Bibit Buah Unggul