Bibit Jambu Kristal Sertifikasi IPB















Jambu kristal adalah jambu unggulan yang dikembangkan di Taiwan dan menjadi komoditas utama pertanian disana. Hari ini, Taiwan adalah salah satu eksportir jambu kristal terbesar yang ekspornya merambah Amerika Serikat.

Jambu kristal diperkenalkan di Indonesia melalui kerjasama ICDF yang merukakan lembaga nirlaba Taiwan bekerjasama dengan IPB, Institut Pertanian Bogor dengan uji coba pada lahan petani disekitar Bogor.

Dari hasil kerjasama sekitar tahun 2004 tersebut, ternyata jambu kristal yang awalnya tidak mendapat pasar kini membesar dan menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.

Ada dua jenis budidaya yang bisa dikembangkan dari jambu kristal, pertama dengan cara pengembangan yang dilakukan di Taiwan dengan menanam jambu kristal dengan jarak yang agak jauh, yaitu 2-3 meter. Namun, dalam perkembangan terkini, India dan Pakistan mengembangkan jambu kristal dengan jarak tanam yang sangat rapat, yaitu 1-1.5 meter dan ternyata cukup sukses.

Hari ini, seiring dengan bekembangnya kuliner rujak jambu, permintaan akan jambu kristal semakin besar. Ini menjadi potensi untuk dikembangkan dalam sekala bisnis.

Untuk mensuply hal tersebut, Tropika Bibit menyediakan bibit unggul langsung dari sertifikasi IPB, dengan harapan, keunggulan bibit dapat menjadi pemicu utama dari hasil yang optimal.


Bibit dapat dikebangkan dalam bentuk perkebunan, tabulampot maupun dengan cara ditanam di planter bag. Dengan bibit unggul diharapkan, bibit cepat berbuah dan memberikan hasil maksimal bagi pembudidaya buah.


MRAJAK
Urban Farmer Partner
Pesan : 085871285543
www.mrajak.com