6 Buah-Buahan yang Disebut Dalam Al Quran

Setidaknya ada 6 buah yang disebutkan dalam Al Quran dengan variasi penyebutan yang bermacam-macam. Saya mencoba meneliti, apa keunggulan dari buah yang disebutkan dalam Al-Quran. 

"Dan ternyata, jika buah tersebut dibandingkan dengan buah pada umumnya, buah yang disebutkan dalam al-Quran memiliki kasiat sebagai buah yang memberikan kesembuhan dan meningkatkan derajat kesehatan manusia."

Berikut ini secara singkat, 6 buah yang disebutkan dalam al-Quran. Anda berminat mengembangkannya ?

1. Kurma









Buah kurma merupakan buah yang paling banyak disebut dalam al Quran Al-Qur'an. Kurma juga masuk dalam sunah Rasulullah SAW. Kurma disebutkan lebih dari 20 kali dalam Al-Qur'an yang tersurat dalam pada surat Ar-Rad, Maryam, Al-baqarah, Al-Hasyr dan Qaaf. 

Manfaat kurma mengandung memiliki banyak manfaat, serat dan antioksidan flavonoid. Antioksidan yang terkandung mampu mengatasi resiko diabetes, alzheimer dan beberapa jenis kanker.


2. Anggur









Buah anggur merupakan salah satu buah yang juga disebutkan dalam Al-Qur'an. Anggur termasuk buah kuno yang bahkan sudah ada sejak zaman Nabi Nuh. Anggur sangat banyak disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak 14 kali.

Buah anggur bermanfaat untuk menghindari hidrasi yang kuat, menambah kandungan zat besi dan mineral dalam tubuh, dan mengatur sistem pencernaan. Anggur juga membantu meningkatkan produksi darah karena tingginya kadar zat besi dan gula.


3. Delima








Buah delima disebut dalam Al-Qur'an tiga kali, buah delima sering disebutkan dalam kaitannya dengan Surga dan anugerah Allah kepada umat manusia. Buah delima bisa ditemukan dalam surat Al-An’aam.

Buah delima mengandung antioksidan tingkat tinggi yang disebut flavonoid. Flavonoid berfungsi untuk menangkal berbagai radial kanker. Buah itu sendiri juga membantu masalah pencernaan, dan membantu menjaga keseimbangan kalium-natrium tubuh.


4. Tin









Buah tin juga disebut dalam Al-Qur'an dalam satu surat khusus yaitu surat At Tin. Buah tin sering juga disebut buah ara sering dianggap makanan lezat, dinikmati segar dan dikeringkan. Buah tin memiliki rasa manis dan berair saat matang.

Buah tin kering merupakan sumber mineral, vitamin dan antioksidan yang sangat baik. Buah Tin mengandung banyak gizi, rendah kalori dan tidak mengandung lemak dan tinggi serat. Tak hanya itu saja, buah tin juga mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin K, kalium, magnesium, tembaga, dan zat besi.


5. Zaitun









Zaitun ini disebutkan berkali-kali dalam Al-Qur'an. Surat yang menyebutkan buah ini seperti tersurat dalam An-nur, Al-an’am, An-Nahl, Al-Mu’minun, ‘Abasa. 

Buah zaitun ketika matang merupakan sumber dari vitamin E dan antioksidan. Di mana kandungannya tersebut berfungsi untuk melindungi kesehatan jantung. Zaitun bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan dapat membantu mengurangi rasa sakit pada persendian, otot, dan tendon tubuh


6. Pisang










Buah pisang tercatat dalam Surah Al-Waqiah. Pisang juga dianggap sebagai buah surga. Meskipun saat ini dianggap sebagai buah yang umum, pisang memiliki banyak manfaat kesehatan yang dapat membantu menjaga keseimbangan tubuh manusia

Manfaat pisang bagi kesehatan sangat banyak, salah satunya menurunkan tekanan darah, membantu mengatur fluktuasi berat badan, dan membantu mengatur sistem pencernaan. Pisang juga penting dalam membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan memiliki senyawa antioksidan yang membantu mengatur fungsi ginjal.

Demikian 6 buah yang layak Anda coba untuk kebunkan. Kami di kebun Mrajak sedang mencoba mengebunkan secara bertahap buah-buahan yang ada dalam al Quran ini.


Mrajak
Sahabat Petani Kota